Linguafranca28’s Blog

BLOG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sebuah Perjalanan February 23, 2010

Filed under: Catatan Kecil — linguafranca28 @ 3:54 am

Ketika aku tak mampu menafsir tanda-tanda yang menghampiriku, sebenarnya bukan aku tak mampu. Tapi, aku  menutup mata dan telingaku untuk sekadar membaca setiap tanda yang menghampiriku. Aku enggan memahami, aku enggan membuka mata  barang sejenak untuk melepas semua mimpi-mimpi yang menghampiriku.

Alasannya sederhana, bahkan sangat sederhana. Aku menikmati semua mimpi itu, dan setiap detik aku membangun mimpi-mimpi itu. Akhirnya mimpi itu mencengkeramku, membelitku, membelenggu bahkan mengalir dalam tiap aliran darahku. Terlalu lama aku bermimpi, waktuku tak berbilang lagi  dan sepertinya harus ku akhiri semua mimpi ini.

Lalu,…..Ketemukan kertas buram yang kumal dan kusam…….memuat penggalan kisah…

Untuk sahabatku….

Kau bukanlah teman kecilku, teman ketika kita belajar membaca tanda dengan terbata-bata, dan  kau bukanlah teman ketika kita berlari-lari kecil di tepi hamparan hijaunya rumput di sekeliling. Kita bertemu ketika kita sama-sama memiliki idealisme yang terpenggal-penggal, kita bertemu ketika kita memiliki pemberontakan-pemberontakan kecil, pemberontakan yang termuat dalam tawa, canda bahkan tangisan yang tak berujung.

Lalu, waktu memisahkan kita…tapi kita tak pernah berpisah, Tuhan selalu mentakdirkan kita untuk selalu bertemu walau tidak bersama, karena kebersamaan kita adalah suatu hal yang mustahil.

Kau adalah sahabatku, yang setiap kali bertemu selalu menghunjamkan pandangan bukan hanya pada mata tapi tepat di ujung hati. Kau tidak usah bertanya apa kabar….??? Karena lewat pandangan pun kita saling memahami apa yang kita rasakan. Lalu kita sama-sama tertawa, menertawakan tingkah kita, mentertawakan permainan nasib yang tak sama tapi hampir serupa.

Yang kutahu tentang kau …sahabatku….

Kau tak pernah mengatakan tidak untukku, kau selalu ada untukku . Aku ingin kau menolakku atau gelengkan kepala untuk setiap keinginanku  atau setiap perbuatanku yang membuatmu jengkel. Satu kali saja. Tapi kau tak pernah lakukan itu, menggelengkan kepala sekali saja. Kau selalu mengatakan, itu bukan salahmu tapi salahku dan aku pun tau kau menanggung kesalahanku, akhirnya kita sama-sama berkata….kita berdua memang salah.

Untukmu…… “Grey”

“Berapa cangkir kopi yang kita habiskan untuk melewati senja…??”

“Berapa halaman kertas yang telah kita isi dengan anak-anak tinta  dari pena yang kita pegang..??”

Lalu..

Kau hentikan sejenak pena yang kau pegang, untuk sekejap memandangku.

“Apa yang kau cari di bola mataku?” ujarku menghalau risau yang dipantulkan matamu.

“Tak ada yang kucari, aku hanya ingin memastikan tentang apa yang kutulis bukan pengingkaran atas apa yang kurasakan.”

Waktu berlalu, musik pun telah berulang pada irama yang sama. Kau masih tetap di sana menguntai kata dan mencari makna.

Dan …. Aku tetap di sini memandangmu, menerka-nerka apa  sebenarnya yang kau tulis.

“Grey”

Ingatkah suatu kali, ketika kau ajak aku untuk bermain-main dengan puisi yang kau tulis, atau sekadar menapakkan kaki di jalan berbatu kecil, memandang pelangi dan meneriakkan asa yang terpenggal.

Lalu …..Katamu saat itu….

Aku telah letih dengan seribu perih, aku lelah dengan sejuta penat. Aku ingin sejenak tertidur merangkai mimpi, entah dengan siapa dan entah tentang apa.

Untukmu, untuk semua atau siapa pun!

Hidup bagaikan menempuh labirin atau putaran waktu yang senantiasa bertemu pada angka-angka yang sama. Dan kita tidak bisa berhenti sejenak sekadar melepas penat atau memanjakan tawa.

Untuk Cinta…..

Cinta adalah sebentuk rasa….yang entahlah bentuknya seperti apa.

Cinta yang tertinggi adalah cinta Pada Ilahi…..lalu adakah cinta yang terendah…???

Entahlah…..

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s