Linguafranca28’s Blog

BLOG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Muhammad Is A Great Entrepreneur December 24, 2008

Filed under: Uncategorized — linguafranca28 @ 1:24 am

formathardcovernew3

Judul           : Muhammad Is A Great  Entrepreneur

Penulis         : Muslim Kelana

Penerbit       : Dinar Publishing

Cetakan       : 1, Rabiul awal 1429 H / Maret 2008

Tebal           : 131 Halaman

I S B N         : 978 -979 – 17208 – 0 – 9

Buku ini sangat menarik,apalagi di dukung oleh cover yang sangat eksklusif. Setelah membaca buku ini, kita akan tahu bahwa buku ini tidak hanya eksklusif dalam covernya saja, tapi isinya pun benar – benar eksklusif dalam arti sangat bermanfaat sekali dari segi isi terutama untuk mereka yang ingin atau telah terjun ke dunia entrepreneurship.

Sebagai umat Islam, sudah selayaknya kita menjadikan Nabi Muhammad Saw, sebagai panutan dan dijadikan teladan dalam setiap aspek kehidupan kita sehari – hari. Dalam buku ini digambarkan bagaimana perjalanan Entrepreneur Nabi Muhamad Saw. Dimulai dari seorang penggembala ternak, yang ternyata dari profesi penggembala itu banyak pelajaran yang dapat kita petik yaitu : Pathinding ( mencari; padang gembala yang subur, Directing (Mengarahkan; menggiring ternak ke padang gembalaan ),Controlling ( mengawasi; Agar tidak tersesat atau terpisah dari kelompok ), Protecting ( Melindungi; Dari hewan pemangsa dan pencuri ),Reflecting ( Perenungan ; Alam, manusia dan Tuhan). Pekerjaan seperti ini menuntut kecerdasaan emosional seperti kejujuran, empati, kasih sayang dan keberanian. Dan nabi Muhammad Saw, mulai mengenal aktivitas penggembalaan sejak usia kanak – kanak.

Nabi Muhammmad Saw, terlahir sebagai sebagai orang yang langsung ditempa kegetiran hidup. meskipun beliau terlahir dari keturunan terpandang, pada dasarnya kehidupan masa kecilnya penuh dengan keterbasan. Beliau hidup ditempa oleh kegetiran kemudian melahirkan apa – apa yang disebut – sebut sebagai Adversity Quotient, seseorang yang memiliki kecerdasan karena ditimpa kemalangan atau kegetiran dalam hidupnya. Konteks kegetiran ini terkadang menjadi modal yang baik untuk terbentuknya jiwa kemandirian / kewirausahaan ( Entrepreneurship)

Aktivitas bisnis Nabi Muhammad Saw sejak usia 17 tahun mendorongnya memiliki karakter wirausaha (entrepreneurship ) yang kental. Sosok beliau sangat bersahaja, tetapi di dalam dirinya terdapat semangat yang sekuat baja. Seorang entrepreneur sejati harus memiliki karakter unggulan, dalam buku ini diungkapkan keunggulan seorang entrepreneur berdasarkan pendapat beberapa orang pakar dan salah satunya diungkapkan oleh Rhenald Kasali; prinsip sukses entrepreneur telah ada pada diri Nabi Muhammad Saw.

Proses sukses seorang Nabi Muhammad Saw sebagai entrepreneur sejati adalah :

1. Mengutamakan akhlak

2. Mengutamakan Pembelajaran

3. Mengutamakan Pelayanan orang lain

4. Mengutamakan silaturahmi – kemitraan ( Networking )

5. Fast Is The Great Character

a. Fathanah ( Cerdas )

b. Amanah ( Terpercaya, kredibel )

c. Shiddiq ( Benar dan jujur )

d. Tabligh ( Komunikatif )

Dengan segala kelebihan buku tersebut, kita bisa menemukan sedikit kekurangan, yang bersifat teknis. Pada halaman  31 diungkapkan Pendapat Paulus Winarto dalam bukunya First Step to An Entrepreneur menuliskan lima ciri entrepreneur unggulan, pada poin ke lima ; Selalu berusaha memberikan yang terbaik. Artinya seorang Entrepreneur akan mengarahkan semua potensi yang dimilkinya, termasuk merekrut orang – orang yang berkompeten untuk…..Nah berhenti sampai disana tanpa ada kelanjutan untuk apa ?? Walaupun tidak begitu berpengaruh, tapi cukup mengganggu.

 

2 Responses to “Muhammad Is A Great Entrepreneur”

  1. pop_ice Says:

    Sebagai pecinta buku, saya sangat tertarik dengan tulisan ini. Tapi kalau boleh memberi saran, resensinya terlalu dangkal, masih di permukaan. Biasanya buku yang se-ekslusif ini, isinya akan banyak yang harus dikupas. Terutama masalah kelebihan beserta kekurangan isi buku ini. Dengan uraian yang tajam, para pembaca resensi akan sangat berminat membacanya dengan segera. Yang menimbulkan rasa penasaran di benak saya, kelebihan buku ini apa saja? Dan kekurangan dari segi content juga apa saja (kalau memang ada)?

  2. urang aussie Says:

    saya mah nggak bisa ngasih komentar yg bermutu tapi sepertinya bagus yah buku ini, ah mau berusaha untuk mempunyai nya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s