Linguafranca28’s Blog

BLOG PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

KITE RUNNER December 24, 2008

Filed under: Resensi Buku — linguafranca28 @ 1:06 am

thumb-kite_runner

Judul Buku        : The Kite Runner

Penulis                 : Khaled Hosseini

Penerjemah       : Berliani M. Nugrahani

Penyunting        : Pangestuningsih

Penerbit              : P.T. Mizan Pustaka

Cetakan               : I ( Pertama)

Tahun Terbit     : Maret 2006

Tebal  Buku        : 615 halaman

Nomor ISBN      : 979-3269-46-4

Judul buku ini sangat menarik, judulnya sangat simpel dengan cover yang sangat menarik, dua orang anak yang saling bergandengan tangan, mereka bergandengan tangan di bawah langit yang cerah dengan awan yang berarak putih  di temani sebuah layang-layang yang melayang bebas. sekilas pembaca berpikir untuk siapakah buku ini ? anak-anak, remaja atau orang dewasa.

Buku ini menceritakan seorang anak yang bernama Amir yang tinggal di Afganistan sebelum peperangan di Afganistan berkecamuk. Amir adalah seorang anak dari keluarga  terpandang, dia tinggal bersama ayahnya dan pelayan yang bernama Ali serta anaknya Hassan. Ibunya meninggal ketika melahirkannya. Amir tidak pernah tahu seperti apa dan bagaimana ibunya. Ayahnya tidak pernah menceritakan tentang ibunya selain mengatakan kalau ibunya meninggal ketika melahirkannya.

Amir bersahabat dengan dengan Hassan, Hassan adalah satu-satunya teman bermainnya sekaligus saudaranya  yang selalu membelanya, yang selalu  berdiri disampingnya untuk melindunginya, yang selalu membuatnya cemburu karena ayahnya pun sangat menyayangi Hassan. Hassan yang selalu melakukan segalanya untuk Amir, melakukan tanpa pamrih. Dalam hidupnya yang ada hanyalah pengabdian untuk Amir. Untuk Amir kesekian kalinya selalu itu yang dilakukan Hassan.

Suatu ketika Amir yang mengkhianati Hassan. Rasa bersalah menghantui sepanjang hidupnya. Menyingkirkan Hassan  dari kehidupannya adalah pilihan tersulit yang harus diambilnya. Namun setelah Hassan pergi, tak ada yang tersisa dari masa kecilnya. Seperti layang-layang putus, sebagian dari dirinya terbang bersama angin. Tetapi masa lalu yang telah terkubur  dalam-dalam pun senantiasa menyeruak kembali. Hadir membawa luka-luka lama. Dan seperti rapuhnya layang-layang, tak kuasa menahan badai, Amir harus menghadapi kenangannya yang mewujud kembali.

Di akhir kisah kecemburuan Amir terjawab,  kenapa ayahnya begitu menyayangi Hassan?

Setelah membaca buku The Kite Runner karya Khaled Hosseini, banyak sekali yang kita dapatkan. Kita seolah diajak untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan, kebiasaan dan adat istiadat suatu negara yang akhirnya porak poranda karena peperangan.  Begitu piawainya sang pengarang membawa emosi pembaca dalam mendeskripsikan kejadian-kejadian yang terjadi, seolah pembaca turut merasakan apa yang terjadi dalam cerita tersebut.

Disamping segala kelebihan yang dimiliki buku tersebut, seperti novel atau buku terjemahan pada umunya dalam novel tersebut terdapat bahkan banyak kata-kata yang kurang dipahami dan sayangnya juga dalam buku tersebut tidak memuat “Glosarium” yang dapat memudahkan pembaca memahami arti kata yang tidak biasa digunakan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s